Sabtu, 10 Oktober 2009

Empat Tanda Keimanan

Bagi orang Islam pendekatan Islam meletakkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah sebagai teras utamanya. al-qur’an dan sunnah Rasulullah S.A.W sebagai teras pegangan dan rujukannya. Gabungan kemantapan akidah (kepercayaan), syariah (perundangan), akhlak, moral dan nilai-nilai murni adalah teras perancangan dan pelaksanaan pembangunan diri dan pengurusan sistem untuk mencapai umat yang berkualiti dan negara yang cemerlang. merupakan pewujudan dari sebuah kekuatan kita untuk menjalankan apa yang menjadi pegangan kita sebagai seorang Muslim. Namun ketika kita dalam keadaan yang sangat kuat maka iman kita akan naik, namun ketika sedang tidak kuat maka kita akan sedikit goyang.
Ukuran dari Iman itu memang sulit terkadang naik dan juga bisa turun, itu karena manusia memang dilahirkan menjadi salah dan lupa.
dan seorang muslim yang sejati akan merasakan iman yang sesungguhnya jika kita dapat menjaga hati dan lidah kita.dan sebagai tanda keimanan kita. tanda keimanan kepada Allah SWT ada 4 tanda keimanan, inilah 4 tanda keimanan, sebagian ahli bijak mengatakan:"Tanda-tanda keimanan kepada Allah itu ada empat, yaitu:
1. Taqwa
2. haya' (punya rasa malu)
3. selalu bersyukur
4. Sabar

Taqwa adalah melaksanakan ketaatan kepada Allah dan menjauhkan diri dari segala macam bentuk kemaksiatan. ada juga yang mendefinisikan bahwa Taqwa adalah memelihara semua aturan Islam. Ada lagi yang mendefinisikan bahwa Taqwa adalah mengikuti jejak langkah Rasulullah SAW baik dalam ucapan maupun perbuatan.
Haya' (rasa Malu) itu ada dua macam , yaitu:
1. malu naluri (haya' nafsaniy), yaitu rasa malu yang dikaruniakan Allah kepada setiap diri manusia, seperti rasa malu kelihatan auratnya atau malu bersenggama di depan orang lain.
2. malu imani (haya' imaniy), yaitu rasa malu yang bisa mencegah seseorang dari melakukan perbuatan maksiat karena takut kepada Allah ta'ala.
syukur adalah memuji Allah yang selalu memberi kebaikan dengan menyebut-nyebut kebaikan-Nya.
Diantara bentuk sabar adalah tabah dan tidak mengeluh kepada selain Allah SWT ketika mendapat musibah.
maka dari itu kita sebagai seorang yang selalu berpegang teguh kepada aturan Allah agar kita menjadi manusia yang selalu mendapatkan Ridho-Nya. oleh karena itu dengan sudah tahu ada 4 tanda kepada keimana kepada Allah marilah kita merubah dan memperbaiki segala niat, yang akan kita kerjakan dan semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung kelak di hari akhir. amiiin.

Tidak ada komentar: