Minggu, 26 April 2009

3 hal yang harus diwaspadai


Diriwayatkan dari rasulullah SAW bahwa beliau pernah bersabda:

1. "barang siapa di pagi hari mengeluhkan kesulitan hidupnya (kepada orang lain), berarti seakan-akan dia mengeluhkan Rabbnya.
2. Barang siapa di pagi hari bersedih karena urusan duniawinya, berarti di pagi itu dia tidak puas dengan ketetapan Allah SWT
3. Barang siapa menghormati seseorang karena kekayaannya, sungguh telah lenyaplah duapertiga agamanya."
melakukan syikayah (pengaduan) atas nasib buruk yang dialami seseorang kepadfa orang lain termasuk pertanda tidak ridha atas bagian yang telah diberikan Allah SWT.
kita tidak boleh melakukan syikayah, kecuali kepada Allah SWT, sebab syikayah kepada Allah SWT termasuk bentuk doa. hal ini sebagaimana sisebutkan, dalam riwayat dari Abbdullah bin Mas'ud bahwa Rasulullah SAW bersabda :
" Maukah aku ajarkan kepada kalian beberapa kalimat yang diucapkan oleh Nabi Musa AS ketika menyeberangi laut bersama Bani Israil?"kami (para sahabat) menjawab: "tentu saja mau, ya Rasulullah."beliau bersabda:"bacalah : allohumma lakal hamdu wa ilaikal musytakaa, wa antal musta'aan, wa laa haula walaa quwwataa illa billah 'alaiyyil 'azhiim. :(ya Allah, segala puji hanya bagi-MU;hanya kepada-Mulah kami mengadu; dan hanya kepada -Mulah kami memohon pertolongan. tiada daya 9untuk menjauhi maksiat) dan tiada kekuatan ( untuk menjauhi maksiat) dan tiada kekuatan (untuk taat), kecuali dengan pertolongan Allah Yang Mahatinggi lagi Mahaagung)

orang dipagin hari bersedih karena urusan duniawi dikatakan telah membenci Rabbnya, sebab hal ini mencerminkan bahwa di tidak Ridha dengan qadha Allah, tidak bersabar atas cobaan-Nya, dan tidak beriman dengan qadar-Nya, padahal semua yang terjadi di dunia ini adalah atas qadha' dan qadar Allah,
seseorang dilarang memuliakan orang lain karena hartanya, sebab menurut syari'at, seseorang hanya boleh memuliakan orang lain karena keshalihan dan ilmuannya. orang yang memuliakan harta atas segala-galanya berarti telah menghinakan ilmu dan keshalihan.
syekh Abdul Qadir Jailani qoddasallohu sirrohu (semoga Allah mensucikan rahasianya) dalam pesannya telah mengatakan "setiap mukmin tidak boleh lepas dari tiga hal berikut :

1. melaksanakan perintah Allah
2. menjauhi larangan Allah
3. menerima qadha' dan qadar"

Tidak ada komentar: