Senin, 04 Mei 2009

"MAZHAB EMPAT"

Pada waktu dulu ketika para alim ulama dan cerdik pandai dalam mengahadapi berbagai soal, apabila tidak ada nas dari Alqur'an atau hadist, mereka berijtihad untuk menetapkan hukum peristiwa itu. hukum yang didapat oleh seseorang dengan ijtihad dinamakan mazhabnya. Ulama yang mempunyai mazhab yang terkenal itu banyak, bukan hanya empat mazhab misalnya; Hasan basri, As-saury Ibnu Abi Laila, Al-Auza'iy, Al-Laisy, dan lain-lain. mereka mempunyai mazhad sendiri-sendiri walaupun mazhab mereka itu tidak berkembang seperti mazhab yang empat, mungkin karena pendukungnya kurang setelah ditinggalkan penyusunnya.

Adapun mazhab yang empat terus menerus mendapat dukungan dari ulam muslimin sampai sekarang. beratus-ratus kitab telah ditulis dan disusun dari zaman, diatur menurut mazhab masing-masing dari beberapa imam itu.
dan mazhab empat yaitu:

1. Mazhab hanafi
Penyusunnya yaitu Imam Abu Hanifah. beliau dilahirkan pada tahun 80 hijriyah dan meninggal di bagdad pada tahun 150 hijriyah. beliau belajar di Kufah, disanalah beliau memulai menyusun mazhabnya. kemudian beliau duduk berfatwa mengembangkan ilmu pengetahuan di Bagdad.
beliau memberikan penerangan kepada segenapa lapisan muslimin, sehingga beliau terkenal sebagai seorang yang alim yang tersebar di masa itu, mahir dalam ilmu fiqih serta pandai mengistimbat-kan hukum dari Alqur'an dan hadist.

menurut riwayat yang dapat dipercaya, beliau adalah wadi'i ilmu fiqh (yang mula-mula menyusun ilmu fiqh sebagaimana susunan sekarang ini). beberapa ulama telah bergaul dengan Abu Hanifah, mereka pelajari mazhab beliau dan hukum yang mereka dapat dari beliau itu mereka tulis (bukukan). mereka sebagai pendukung mazhab Abu Hanifah. kemudian sebagain besar dari mereka kembali menyelidiki dan memeriksa hukum-hukum tadi dengan memeriksa dalil-dalilnya serta disesuaikan dengan keadaan-keadaan kefaedahan dan kemudaratannya, sehingga beberapa di antara mereka ada yang tidak mufakat terhadap sebagian dari hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh imam tadi, bahkan mereka tetapkan hukumnya menurut pendapat mereka sendiri, berbeda dengan pendapat Imam Abu Hanifah. mereka inilah yang dinamakan sahabt-sahabat Abu hanifah, di antaranya yaitu; Abu Yusuf, Muhammad bin hasan, dan Zufar. mazgab ini banyak tersiar di bagdad, parsi, Bukhara, mesir, Syam, dan tempat-tempat lain.

2. Mazhab Maliki; Nama penyusunnya adalah Malik bin Anas Al-Asbahi. beliau dilahirkan tahun 93 Hijriyah dan meninggal dunia dalam bulan Safar tahun 170 Hijriyah. beliau bekajar di Madinah, dan disanalah beliau menulis kitab Al-Muwatta, kitab hadis yang terkenal sampai sekarang. beliau menyusun kitab tersebut atas anjuran Khalifah Mansur ketika beliau bertemu pada waktu menunaikan ibadah haji.
beliau menyusun mazhabnya atas empat dasar: kitab Suci, Sunah Rasul, ijma', dan qias. hanya, dasar yang terakhir ini beliau gunakan dalam hal-hal yang terbatas sekalin karena beliau adalah ahli hadis. beliau berkata, 'sesungguhnya saya, sebagai manusia biasa kadang-kadang betul dan kadang-kadang salah, maka hendaklah kamu periksa dan kamu selidiki pendapat-pendapatku itu; maka hendaklah kamu periksa biasa kadang-kadang betul pendapat-pendarapatr itu; mana yang sesuai dengan sunnah, ambillah!"

Imam Malik adalah ahli fiqh dan hadis. pada masanya belaiu terbilang paling berpengaruh dai seluruh hijaz. orang menyebut belaiu "sayyid Fuqaha Al-Hijaz"(pemimpin ahli fiqh di seluruh daerah hijaz). Beliau mempunyai banyak sahabat (murid), di antaranya yang terkemuka ialah Muhammad bin Idris bin Syafi'i, Al-laisy bin Sa'ad, Abu Ishaq Al-farazi. pengikut mazhab ini yang terbanyak terdapat di tunisia, Tripoli, magribi, dan Mesir.

3. Mazhab Syafi'i. Namapenyusunnya yaitu Muhammad bin Idris bin Syafi'i, keturunan bangsa Qurasy. beliau dilahirkan di Khuzzah tahun 150 Hijriyah, dan meninggal dunia di Mesir 204 Hijriyah. Sewaktu berumur 7 tahun, beliau telah hafal Al-Quran. Setelah berumur 10 tahun, beliau hafal Al-Muwatta (kitab guru beliau, Imam Malik). Setelah beliau berumur 20 tahun, beliau izin gurunya (MUslim bin Khalid) untuk berfatwa. Kata Ali bin Usman, "saya tidak pernah mel;ihar seseorang yang lebih pintar daripada Syafi'i. sesungguhnya tidak ada seorang pun yang menyamainya di masa itu. ia pintar dalam segala pengetahuan, sehingga bila ia melontarkan anak panah, dapat dijamin 90 persen akan mengenai sasarannya. "

Ketika berumur hampir 20 tahun , beliau pergi ke Madinah karena mendengar kabar tentang Imam Malik yang begitu terkenal sebgai seorang ulama besar dalam ilmu hadis dan fiqh. di sana bergaul kepada Imam Malik. kemudian belaiu pergi ke Irak, disana bergaul dengan sahabat-sahabat Imam Abu Hanifah. beliau terus ke Parsi dan beberapa negeri lain. Kira-kira dua tahun lamanya beliau dalam perjalanan ini.
Dalam perjalanan ke negeri-negeri itu bertambahlah pengetahuan beliau tentang keadaan penghidupan dan tabiat manusia. Misalnya keadaan yang menimbulkan perbedaan adat dan akhlak, sangat berguna bagi beliau sebagai alat untuk mempertimbangkan hukum peristiwa-peristiwa yang akan beliau hadapi. Kemudian beliau diminta oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid supaya tetap tinggal di Bagdad. setelah menetap di Bagdad, di sanalah beliau menyiarkan agama, dan pendapat-pendapat beliau diterima oleh segala lapisan.
Beliau bergaul baik dengan rakyat maupun dengan pemerintah, bertukar pikiran dengan ulama-ulama- terutama sahabat-sahabat Imam Abu Hanifah - Sehingga dengan pergaulan dan pertukaran pikiran itu beliau dapat menyusun pendapat "qadim" (pendapat beliau yang pertama). Kemudian belaiu kembali ke Mekah hingga tahun 198 Hijriyah. Pada tahun itu pula beliau pergi ke Mesir, disana beliau menyusun pendapat belaiu yang baru (qaulul jadid).
kata-kata Syafi'i yang sangat perlu menjadi perhatian, terutama bagi ulama yang mendukung dan mengikuti Mazhab Syafi'i ialah: "Apabila hadis itu sah, itulah mazhabku, dan buanglah perkataanku yang timbul dari ijtihadku." pengikut Mazhab Syafi'i yang terbanyak ialah di Mesir, Kurdistan, Yaman, Aden, Hadramaut, Mekah, Pakistan, dan Indonesia.

4. Mazhab Hanbali. Nama penyusunya ialah Ahmad bin MUhammad bin Hanbal bin Hilal. Beliau dilahirkan Di Bagdad dan meninggal dunia pada hari jum'at tanggal 12 Rabiul Awwal tahun 241 Hijriyah. Semenjak kecil beliau belajar di Bagdad, Syam, Hijaz, dan Yaman. Beliau adalah murid Imam Syafi'i. Syafi'i memuji beliau. katanya, "Saya keluar dari Bagdad, tidak ada saya tinggalkan di sana seorang yang lebih taqwa, lebih wara', dan lebih alim selain Ahmad bin Hanbal, yang sungguh banyak menghafal hadis . " Murid beliau banyak terkemuka, di antaranya yaitu Bukhari dan Muslim. Beliau berpegang teguh pada fatwa sahabat apabila tidak ada nas. beliau menyusun mazhabnya atas 4 dasar.
Dasar pertama ialah nas Qur'an dan Hadis. dalam soal yang beliau hadapi, beliau selidiki ada atau tidaknya nas, kalau ada nas, beliau berfatwa menurut nas itu.
Dasar kedua ialah fatwa sahabat. dalam satu peristiwa, apabila tidak ada nas yang bersangkutan dengan peristiwa itu, beliau cari fatwa para sahabat. apabila ada fatwa dari salah seorang sahabat, sedangkan beliau tidak melihat bantahannya dari sahabat-sahabat lain, beliau hukumkan peristiwa itu menurut fatwa tadi. jika fatwa itu berbeda antara begerapa sahabat, beliau pilih yang lebih dekat pada kitab atau sunnah.
Dasar ketiga ialah hadis mursal atau lemah, apabila tidak bertentangan dengan dalil-dalil yang lain.
Dasar keempat ialah qias. beliau tidak memakai qias kecuali apabila tidak ada jalan lain.
belaiu sangat hati-hati dalam melahirkan fatwa apabila tidak ada nas atas asar sahabat. kemungkinan besar karena sangat hati-hatinya beliau menjalankan fatwa itulah yang menyebabkan lambatnya Mazhab beliau tersiar di daerah-daerah yang jauh, apalagi murid-murid beliau pun sangat berhati-hati pula. Mula-mula Mazhab itu tersiar di Bagdad, kemudian berangsur-angsur keluar ke daerah-daerah lain. sekarang yang terbanyak pengikutnya ialah di Hijaz, apalagi sesudah Raja Ibnu Sa'ud menetapkan bahwa Mazhab Hanbali menjadi Mazhab resmi bagi pemerintah Saudi Arabia. Di MEsir tidak nampak mazhab ini kecuali
pada abad ke-7 Hijriyah. Hingga sekarang tidak banyak rakyat Mesir yang mengikuti Mazhab ini.
Demikian ini Ringkasan perkembangan Islam dan Mazhabnya. Banyak kekurangan berasal dari kebodohan saya sebagai manusia biasa. bila ada kekurangan penulisan mohon maaf. dan bisa memberi komentar....?

Tidak ada komentar: